Senin, 09 Februari 2015

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus tepatnya di timur pantai Tulawang. Akses menuju Pantai ini dari kota Yogyakarta ambil arah ke daerah gunung kidul lalu dari kota Wonosari ambil arah ke Desa Tepus setelah sampai di pertigaan Tepus ambil kanan ke arah pantai sundak sebelum TPR ambil kiri itu sudah menuju pantai Pok Tunggal.
Pantai Pok Tunggal ini masih sepi dan bersih, karna belum banyak orang yang tahu keberadaan pantai ini karna letaknya yang jauh dari kota dan akses menuju pantai ini yang masih sulit. Karna jalan menuju pantai ini belum diaspal masih berupa batu dan tanah.

Memang perjuangan untuk sampai di pantai ini cukup melelahkan, tetapi sesampainya di pantai Pok Tunggal ini perjalanan yang cukup melelahkan itu terbayar. Pemandangan Pantai Pok Tunggal ini adalah barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing. Tentu saja butuh nyali dan keterampilan luar biasa untuk memanjat tebing ini karena hingga kini belum ada jalur pemanjatan.
Di tebing-tebing karang pantai ini masih terdapat primata liar. Ketika saya berkunjung kesana, terlihat kawanan monyet liar melompat dari balik tebing di sebelah timur. Anehnya di pantai ini juga terdapat mata air tawar, kemungkinan besar berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst. Sumber air itulah yang memenuhi kebutuhan warung-warung makan dan kamar mandi umum hasil swadaya masyarakat setempat.
Biasanya orang-orang yang ke pantai ini hanya untuk berfoto-foto, karna pemandangan yang sangat indah. Selain itu ada juga yang bermain air di sisi pantainya.
Warung yang buka di pantai ini pun hanya sedikit tetapi yaa harganya cukup relatif lahh..
Tarif sewa tendanya hanya Rp20.000 dan Tenda Dome Rp60.000
Berikut foto-foto di Pantai Pok Tunggal saat saya berkunjung kesana





Tidak ada komentar:

Posting Komentar