Jumat, 06 Februari 2015

Pantai Drini Gunung Kidul Yogyakarta



Pantai Drini berada di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai ini satu kompleks dengan jajaran pantai pantai yang terkenal yaitu Pantai Baron Kukup Krakal. Pantai-pantai lain selain itu ada pantai Siung, Pantai Indrayani, pantai Sundak dll.
Pantai Drini ini sebenarnya merupakan pelabuhan kapal-kapal para nelayan sekaligus terdapat juga pasar ikan namun pasar ikan yang terdapat disini masih kecil.
Hanya beberapa kapal ikan nelayan kecil yang digunakan. Pantai ini mempunyai ombak yang tinggi dan bibir pantai yang curam sehingga kita tidak boleh berenang dipantai. Ini wajar karena pantai diselatan pulau Jawa memang terkenal dengan ombaknya yang ekstrim.
Pada saat pasang anda bisa melihat air yang memisahkan sebuah daratan dipantai tersebut dan terbentuklah pulau Drini, pulau Drini ini hanya terbentuk pada saat pasang dan akan menjadi satu daratan dengan pulau Jawa pada saat surut. Di Pulau Drini inilah ada anak tangga menuju keatas menuju ke gardu pandang.
Pantai ini masih belum tersentuh banyak tangan manusia, jadi pantai ini masih terasa alami. Juga jangan lupa membawa bekal makanan sendiri kalau mau ke pantai Drini karena warng-warung makan disini masih sedikit dan itu pun tidak selalu buka.
Pantai Drini memang berombak besar, Tapi jika anda ke sisi sebelah kiri pantai maka anda bisa menemukan air pantai yang lumayan tenang cocok untuk bermain-main air. Akses Pantai Drini dari pusat kota Yogyakarta dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau travel, karena angkutan umum tidak ada yang sampai daerah ini. Lama perjalanan dari kota Yogyakarta sampai Pantai Drini memakan waktu kira-kira dua jam.


Pantai Drini saat pasang

Pada saat pasang, bagian sebelah kiri pantai bisa dijadikan tempat untuk berenang, tetapi bagian kanan pantai tidak bisa dijadikan tempat berenang ataupun bermain air, karena ombak dibagian kanan pantai selalu besar dan bahaya.

Pantai Drini saat surut


Pada saat surut, air di pantai drini ini tingginya hanya semata kaki. Jadi, kita bisa berjalan sampai ke tengah-tengah pantai. Hanya saja, kita harus berhati-hati apabila berjalan kedalam airnya, karna ada beberapa karangnya yang tajam dan kadang ada ular kecil disana. Maka kita harus berhati-hati apabila berjalan diatas karangnya. 
Di sisi-sisi pantai ini pun ada dinding-dinding karang yang besar, dan apabila sedang surut kita bisa bermain dan berjalan dibawah dinding karang itu sampai ke ujung pantai drini ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar